Pages

Selamat datang di blogspot Wong Banyumas

Wisata Beneteng Pendem Cilacap

Selasa, 24 April 2012




KALAU ada orang bertanya, tempat apa yang menarik untuk dikunjungi ketika berkunjung ke Cilacap? Jawabannya Benteng Pendem, selain Nusakambangan, tentunya. Benteng yang terletak di salah satu sudut kota Cilacap ini sangatlah menarik dan mudah dikunjungi.


Hanya bertanya sekali saja ketika memasuki Kota Cilacap, Anda bisa menemukan lokasi Benteng Pendem. Letaknya yang bersebelahan persis dengan

Teluk Penyu, semua penduduk pasti tahu lokasi benteng ini.


Benteng yang dibangun oleh Belanda antara 1861-1879 M ini memilki luas asli 10,5 hektare. Namun ternyata, seluas 4 hektare diambil oleh Pertamina untuk pembangunan salah satu fasilitasnya di daerah tersebut.


Benteng ini sempet terpendam tanah beberapa waktu lamanya, sebelum akhirnya ditemukan pada 1986 dan mulai digali pada 1987. Semenjak itu, benteng dibuka untuk para pengunjung dan para peneliti.


Langit sore yang mendung dan mulai temaram membuat suasana khas benteng kuno terlihat gagah, misterius, seram, sekaligus indah. Barak pertama adalah barak peristirahatan para pekerja paksa yang sudah bekerja sepanjang siang hari. Barak berbentuk setengah lingkaran ini memang unik dan indah, karena bentuk kunonya serta di sekitar lokasi nampak terawat dengan baik.


Setelah barak peristirahatan, masuk ke dalam lagi adalah tempat meriam, dengan lubang-lubang meriamnya ke arah laut siap untuk menyerang musuh yang datang. Sedangkan meriamnya sendiri sudah tidak ada, entah diambil oleh orang Belanda atau oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Di seberang tempat meriam adalah ruang klinik, ruang pengobatan buat para pekerja yang mengalami sakit.


Masih searah dengan dengan ruang klinik adalah ruang dapur dan ruang penjara. Keunikan lain dari benteng ini adalah, dulunya kapal bisa langsung masuk ke dalam benteng, terbukti dengan adanya sungai buatan yang langsung tembus ke laut lepas. Setelah lelah berkeliling-keliling di Benteng Pendem, kita bisa beristirahat di Teluk Penyu.


Dari namanya pasti kita akan berpikir kalau teluk ini adalah markasnya penyu, ternyata sekarang ini kita sudah tidak bisa menemukan penyu di pantai ini. Karena, habitat Teluk Penyu telah berubah menjadi pelabuhan bagi para nelayan setempat untuk menyimpan perahunya. Selain itu, warung-warung seafood pun banyak berdiri di sepanjang pantai sehingga kita bisa menikmati sunset sambil menyantap lezatnya makanan laut yang ditawarkan di sepanjang pantai.


benteng pendem Misteri & Keindahan Benteng Pendem


benteng+pendem Misteri & Keindahan Benteng Pendem


benteng pendem Misteri & Keindahan Benteng Pendem


bentengpendem Misteri & Keindahan Benteng Pendem

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

http://tinypaste.com/4138c984

Blogroll

Selamat Datang Di Blog Wong Banyumas

Most Reading