Selasa, 24 April 2012

Legenda Wisata Baturraden



Misteri Legenda dibalik Pesona alam Baturraden, adalah Misteri legenda cerita rakyat tentang asal muasal nama sebuah objek wisata Baturraden, hingga saat ini masih diyakini oleh masyarakat sekitar.

Alkisah pada jaman dahulu, di sebuah Kadipaten hiduplah seorang pembantu yang bernama Suta yang menjalin asmara dengan Radennya, yakni Putri adipati.

Keduanya benar-benar merasa saling jatuh hati dan berencana meningkatkan hubungan mereka ke tali pernikahan, namun tidak mendapat restu dari kedua orang tua dengan alasan berbeda derajat dan martabatnya di antara mereka. (Batur=Pembantu, Raden=sebutan untuk Putri Adipati / nigrat)

Baturraden adalah sebuah tempat wisata di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Indonesia. Sekitar tahun 2007 Baturraden menjadi misteri dengan bencana berdarah, terputusnya jembatan merah yang menghubungkan akses ke lokasi wisata dengan banyak memakan korban. Namun tidak berselang lama dari kejadian tersebut, Baturraden kembali asri dan enak untuk dinikmati.

Baturraden terletak di sebelah utara kota Purwokerto (tempatku menghabiskan masa kecil hingga beranjak remaja) tepat di lereng sebelah selatan Gunung Slamet. Letak Baturraden tepat di lereng gunung sehingga kawasan tersebut memiliki hawa yang sangat sejuk dan cenderung sangat dingin terutama di malam hari.

Disekitar objek wisata Baturraden banyak berdiri hotel dan vila, hampir mirip-mirip Puncak Bogorlah, bagi yang sering berlibur di Puncak bisa membayangkan suasananya hampir sama. Pada kesempatan mudik di hari Raya Idul Fitri dan Liburan Sekolah biasanya kami menyempatkan diri singgah di Baturraden, mengajak sanak saudara menginap di Villa untuk menikmati hawa sejuk dan objek-objek wisata yang ditawarkan seperti ;

12940294951835522216

Pancuran Telu dan Pancuran Pitu Baturraden, yang letaknya bersebelahan adalah Pemandian air panas yang yang mengandung belerang. Dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit.

Bumi Perkemahan, Merupakan camping ground yang sering dimanfaatkan oleh para pecinta alam dan penikmat kegiatan out bond. Pernah digunkan sebagai tempat penyelenggaraan Jambore Nasional Gerakan Pramuka se-Indonesia pada tahun 2001.

Taman Kaloka Widya Mandala, Baturraden atau Wisata Pendidikan Wanasuka Baturraden merupakan kebun binatang sekaligus sebagai tempat wisata edukasi yang diresmikan oleh Bupati Kepala Daerah Tingkat II Banyumas H. Djoko Sudantoko pada tanggal 17 mei 1995.

Di Taman Kaloka Widya Mandala Baturraden terdapat berbagai macam binatang yang berasal dari dalam maupun dari luar negeri seperti dari Australia, Asia dan Belanda.

Pemandian Air Panas, Curug Ceheng, Wahana Wista Lembah Combong dan Telaga Sunyi yang benar-benar sunyi namun menyuguhan keindahan lukisan alam yang sangat menagjubkan.

Baturraden dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun umum. Jarak dari kota Purwokerto sekitar 15 km dan dapat ditempuh dalam waktu 15 menit dengan lalu lintas yang tidak terlalu padat. Apabila ingin menggunakan kendaraan umum wisatawan dapat naik angkutan kota dari terminal di Purwokerto dan turun di terminal lokawisata Baturraden. Jika ingin lebih praktis wisatawan dapat menggunakan taksi. Jika memutuskan untuk menggunakan kendaraan pribadi, sebaiknya hati-hati karena jalan yang menanjak dengan kemiringan sekitar 30 derajat.

Baturraden adalah keindahan yang memancar dari lereng Gunung Slamet. Gunung Slamet dengan lereng-lerengnya yang landai, menawarkan panorama alam yang indah, dan udara yang segar.
tak hanya menyimpan panorama alam yang molek, tetapi juga cerita rakyat tentang Raden Kamandaka, atau Lutung Kasarung yang cukup akrab di masyarakat Indonesia.

Berwisata ke Baturraden tidak sampai membuat kantong kita bolong karena dari tiket masuk (Rp.8.000) makanan, jajanan, souvenir, oleh-oleh sampai Hotel dan Villanya (mulai dari Rp.200. 000an) masih relatif murah dan terjangkau.

Hanya saja hati-hati buat yang sedang memadu kasih (Pacaran), konon karena legenda cerita diatas, tentunya bagi yang masih mempercayai misteri tersebut maka disinyalir hubungan cintanya akan putus atau tidak sampai ke Pernikahan ( Wallahualam…)

0 komentar:

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites