Pages

Selamat datang di blogspot Wong Banyumas

Pantai Widarapayung Cilacap

Selasa, 24 April 2012



Sudah pernah jalan-jalan ke Pantai Widarapayung? Buat sebagian orang, mungkin baru pertama kali mendengar namanya. Pantai Widarapayung terletak Desa Widarapayung, di Kecamatan Binangun, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Selain menawarkan keindahan pantainya, anda juga bisa berselancar di sana, karena Pantai Widarapayung sudah dianggap layak ombaknya dan berstandar internasional untuk para peselancar.

Dari Kota Cilacap, anda harus menuju kea rah timur sejauh kurang lebih 35 km, menuju Widarapayung. Luas objek wisata pantai ini hampir mencapai 500 hektar. Pantainya landai. Sejuk karena banyak terdapat pohon kelapa. Untuk mencapainya, anda bisa menaiki bus jurusan Cilacap – Gombong. Fasilitas lengkap dari Pantai Widarapayung ini meliputi gardu pandang, tempat parkir luas, kolam renang, warung makan dan shelter tempat berteduh.

Jika anda datang pada bulan Sura, anda dapat menyaksikan sebuah upacara adat Sedekah Bumi, yaitu ritual adat tradisional sebagai ungkapan rasa syukur dan permohonan doa agar diberi keberkahan dan dilimpahi keselamatan oleh yang Kuasa.

Harga tiket untuk memasuki objek wisata ini agak sedikit aneh, karena dibedakan menurut waktu masuknya. Jika anda masuk pada pagi dan malam hari, harga tiketnya adalah Rp. 3.000,- sedangkan jika masuk pada siang hari adalah Rp. 4.000,- per orang dewasa pada hari kerja. Hari Libur dan Hari Besar, tiket menjadi Rp. 4.000,- pada pagi dan malam hari, sedangkan pada siang hari menjadi Rp. 5.000,- per orang. Saya baru menemukan system pembayaran tiket masuk objek wisata yang dibedakan berdasarkan waktu masuknya di Pantai Widarapayung ini.

Dari Pantai Widarapayung ini, akan terlihat Pulau Nusakambangan di seberangnya. Anda dapat mengikuti tour dengan perahu yang ditawarkan oleh nelayan local dengan harga tiket Rp. 10.000,- per orang. Dari banyaknya perahu yang bersandar di Pantai Widarapayung, ada tariff parkir sebesar Rp. 12.500,- jika mengangkut penumpang tour menuju Pulau Nusakambangan.

Jika tertarik membeli oleh-oleh untuk keluarga di rumah, anda bisa memilih ikan asin, terasi, kerupuk udang atau ikan segar yang bisa langsung diolah di tempat. Harganya murah karena langsung dari nelayan setempat.

Hal yang menarik lagi dari Pantai Widarapayung, adalah anda bisa menyewa andong dan kuda untuk berjalan-jalan mengelilingi pantai. Ada juga penyewaan papan selancar bagi anda yang mahir berselancar, atau baru akan belajar.

Banyak juga pilihan makanan khas yang hanya bisa anda temukan di Pantai Widarapayung ini. Salah satunya adalah Yutuk atau kepiting laut. Yutuk atau kepiting laut ini diolah menjadi peyek atau rempeyek yutuk. Peyek yutuk paling enak dimakan berbarengan dengan kupat pecel.

Sambil menikmati kuliner makanan khas Cilacap yang ada, anda juga bisa menikmati pemandangan sunset sambil menonton balapan motorcross atau pemuda-pemuda yang bermain sepakbola di tepi pantai.http://www.ragilsaputra.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

http://tinypaste.com/4138c984

Blogroll

Selamat Datang Di Blog Wong Banyumas

Most Reading